Oleh: rumahkita2010 | 5 Februari 2015

YOUTH DEVELOPMENT CENTER

PENGEMBANGAN PROGRAM YOUTH DEVELOPMENT CENTER (YDC)

DI JAKARTA TIMUR

 

Hari Harjanto Setiawan

LATAR BELAKANG

Secara psikologis, masa remaja adalah usia dimana individu berintegrasi dengan masyarakat dewasa, usia dimana anak tidak lagi merasa dibawah tingkat orang-orang yang lebih tua melainkan berada dalam tingkat yang sama. Integrasi dalam masyarakat dewasa mempunyai banyak aspek efektif, kurang lebih berhubungan dengan masa puber. Termasuk juga perubahan intelektual yang mencolok yang khas dari cara berpikir remaja ini memungkinkan untuk mencapai integrasi dalam hubungan sosial yang dewasa, yang kenyataanya merupakan ciri khas yang umum dari periode perkembangan ini.

Menurut jumlah dan kualitasnya pertumbuhan jumlah remaja di Indonesia menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDI) 2011, sebanyak 85.045.178 remaja (35,8 persen). Data dari Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2009, terdapat sekitar 1,5 juta remaja yang tidak dapat melanjutkan pendidikan dan menjadi remaja putus sekolah.

Melihat permasalahan tersebut, Yayasan eRKa menaruh perhatian pada masa ini karena masa remaja adalah periode penting dalam perkembangan manusia. Kendatipun semua periode dalam rentang kehidupan adalah penting, namun kadar kepentingannya berbeda-beda. Ada beberapa periode yang lebih penting daripada daripada periode lainnya akibatnya yang langsung terhadap sikap dan perilaku dan ada lagi yang penting karena akibat-akibat jangka panjangnya. Pada periode remaja baik akibat langsung maupun akibat jangka panjang menjadi penting. Ada periode yang penting karena akibat fisik dan ada lagi karena akibat psikologis. Pada remaja kedua-duanya sama-sama penting.

Wilayah Kelurahan Cipinang Besar Utara, permasalahan remaja sangat kompleks. Pada masa ini mereka dalam pencarian jati diri. Pencarian tersebut, terkadang salah dalam menentukan jalan hidup dan bergaul dengan sesuatu yang salah sehingga banyak yang terjebak dalam permasalahan sosial remaja. Salah satu permasalahan sosial di Kelurahan Cipinang Besar Utara adalah tawuran remaja antar wilayah. Tawuran adalah situasi dimana kelompok anak berhadapan dan berkelahi dengan kelompok anak lain yang dianggap musuh. Banyak penyebab anak melakukan tawuran antar kelompok atau antar pelajar. Penyebab anak melakukan tawuran karena menyalah artikan solidaritas sesama teman, walaupun teman yang dibantu adalah berbuat salah.

Menjawab tantangan tersebut, Yayasan eRKa mencoba bekerja sama menjadi mitra Kementerian Sosial pada tahun 2013 dengan program pelayanan sosial remaja di wilayah Cipinang Besar Utara. Untuk tahun 2014 Yayasan eRKa mengembangkan pelayanannya dengan membuat pusat pengembangan remaja berbasis masyarakat.

PERMASALAHAN REMAJA

Masa remaja yang labil dan masih dalam mencari jatidirinya merupakan situasi yang wajar. Namun apabila masa remaja tidak diperhatikan maka akan menjadikan remaja salah dalam memilih yang berakibat membekas pada masa dewasanya kelak. Di wilayah Cipinang Besar Utara banyak kasus tawuran. Kejadian tawuran antar kelompok anak antar RW sering terjadi di Cipinang Besar Utara. Kejadian tawuran berawal dari kejadian kecil yaitu dan nggak elas permasalahannya. Aksesibilitas yang menyebabkan tawuran antar anak di kelurahan Cipinang Besar Utara antara lain banyaknya kelompok-kelompok anak yang seringkali bersinggungan.

Kontrol dari masyarakat dan orang tua juga turut mendukung terjadinya tawuran diantara mereka. Ditambah lagi dengan adanya pengertian solidaritas yang selalu membela teman walaupun temannya berbuat salah dapat menyebabkan tawuran. Selain itu permainan-permainan anak yang sifatnya persaingan, apabila tidak ada kontrol orang tua dapat menimbulkan tawuran. Apabila ini dibiarkan dan tidak mendapat perhatian maka akan membekas pada masa dewasanya kelak, seperti kita sering lihat di televisi ada anggota dewan yang berkelahi saat sidang berlangsung.

TUJUAN

Tujuan Program Kesejahteraan Sosial Remaja adalah terwujudnya perkembangan manusia yang wajar dan perlindungan terhadap remaja dari keterlantaran, kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi sehingga tumbuh kembang, kelangsungan hidup dan partisipasi remaja dapat terwujud serta terpenuhinya hak-hak remaja.

1. Adanya penyadaran masyarakat dan keluarga tentang permasalahan sosial remaja

2. Adanya kegiatan positif bagi remaja sebagai upaya menyalurkan minat dan bakat yang dimilikinya baik berupa

ketrampilan maupun dalam bidang kesenian.

KELOMPOK SASARAN

Remaja berusia 10 sampai dengan 12 tahun di wilayah Cipinang Besar Utara dan sekitarnya.

Keluarga dan masyarakat yang berada di wilayah Cipinang Besar Utara

KOMPONEN KEGIATAN

  1. Adannya penyadaran masyarakat dan keluarga tentang permasalahan sosial remaja.
  1. Terbentuknya Pusat pengembangan remaja (Youth Development Center) di wilayah Cipinang Besar Utara.
  1. Adanya kegiatan positif bagi remaja sebagai upaya menyalurkan minat dan bakat yang dimilikinya baik berupa ketrampilan maupun dalam bidang kesenian.
  2. Mengadakan kegiatan ketrampilan kertas koran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: