PROGRAM

Anak adalah masa depan bangsa dan negara karena Anak Sekarang adalah Pemimpin pada 20 tahun mendatang. Merespon banyaknya permasalahan sosial saat ini yang menyangkut anak maka eRKa mencoba membantu mereka dalam mewujudkan cita-citanya.
Pada tahun 2015 ini eRKa fokus pada anak khususnya anak yang berkonflik dengan hukum dan remaja (Youth Developmet Center).

Program eRKa disusun melalui prosedur rapat kerja pada setiap tahunnya. Rapat kerja tersebut akan menghasilkam program–program inovativ. Program inovatif tahun ini antara lain :
1. Rumah sosial
2. Rumah pintar
3. Rumah ekonomi kreatif

Tahun 2015 rapat kerja dilaksanakan di Bandung yang dilanjutkan dengan acara family gathering di salah satu obyek wisata yang ada di Jawa barat yaitu pangandaran.
image

RUMAH SOSIAL
Program eRKa dalam mendampingi anak dan remaja yang mengalami permasalahan sosial antara lain mendampingi anak yang berkonflik dalam proses hukuman dengan metode dan teknik pekerjaan sosial. Dalam mewujudkan tujuan rumah sosial, eRKa juga memfasilitasi remaja untuk membuat kegiatan yang positif di masyarakat antara lain :
1. Tenis meja
eRKa memberikan peralatan tenis meja kepada karang taruna setiap RW di Cipinang besar utara untuk memberikan kegiatan positif para remaja.
2. Pencak silat
eRKa memberikan fadilitas berupa peraĺatan pencak silat sebagài salahsatu arena untuk membentuk kepribadian dan mengembangkan prestasi.

Gambar: guru pencak silat
image

RUMAH PINTAR
Program eRKa dalam memberikan salah satu hak anak dalam memperoleh pendidikan. Dalam memberikan hak pendidikan bagi anak, eRKa mengembangkan alternatif kegiatan antara lain:
1. Bimbingan belajar
Bimbingan belajar diberikan kepada anak sekolah dasar untuk lebih meningkatkan prestasi belajarnya di sekolah. Waktu kegiatan adalah setiap sore setelah maghrib dari sabtu sampai jum’at. Khusus hari rabu diadakan pendidikan agama.
image

2. Pendidikan paket A,B dan C.
Bagi mereka yang sudah tidak memungkinkan sekolah reguler, eRKa memfasilitasi untuk pendidikan paket sampai dengan mendapatkan ijazah kesetaraan.

Gambar : ijazah kesetaraan
image

3. Pengajian Rutin
Program ini dimaksudkan agar anak tidak hanya pintar secara akademis, namun juga mempunyai akhlah yang baik. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Rabu bakda maghrib di Yayasan Rumah Kita.

RUMAH EKONOMI KREATIF
Program eRKa dalam menyalurkan bakat anak dàn remaja sehingga dapat menghasilkan secara ekonomi antara lain : musik, pembuatan film dokumenter, pelatihan ketrampilan (service HP, kertas koran, daur ulang sampah) dan pemberian modal usaha, dan bakti sosial.
1. Ketrampilan kertas koran bekas
eRKa bekerjasama dengan Pelangi Bangsa melatih remaja untuk memanfaatkan koràn bekas menjadi kerajinan yang bernilai secara seni dan ekonomi.
Salah satu karya dari koran bekas:
image

2. Pelatihan hp
eRKa memfasilitasi pelatihan bagi 15 remaja untuk mengembangkan ekonomi dimasa depan. Selesai pelatihan peserta diberikan sertifikat dan peralatan service untuk membuka usaha.
image
3. Pelatihan dan Produksi Film.
Program ini dimaksudkan untuk melatih anak dalam mengembangkan kreatifitasnya. Kreatifitas ini diarahkan ke arah produksi dan mempunyai nilai ekonomis. Pelatihan diadakam selama 5 hari dengan langsung membuat film pendek yang rencananya akan diikutkan dalam festifal film.

Responses

  1. Waahhh,, Programnya ada untuk Anak Jalanan juga,,,

    Maybe akan bisa sharing banyak nich Pak,, ^^

    Salam semangat selalu

    • Asalamu’alaikum, terima kasih telah membaca blog eRKa. Rupanya kita satu ide. eRKa digagas oleh para pekerja sosial lulusan STKS juga lho. Saat ini eRKa berdimisili di Cipinang Pulo Maja, Jakarta Timur. Sangat senang sekali apabila kita bisa sharing tentang anak jalanan. Kalau tidak memungkinkan di Jakarta, kita bisa bertemu di Bandung, kebetulan saya berdomisili di Bandung. Untuk anak jalanan di Bandung saya juga pernah mendampingi mereka dari tahun 2007-2009, mungkin kita bisa sharing banyak kalo ketemu. Selain menangani anak jalanan eRKa saat ini juga menangani anak yang berkonflik dengan hukum sejak tahun 2008. Program yang saat ini berjalan adalah pendampingan di LPAP dan LPAW Tangerang, reintegrasi setelah anak keluar Lapas dan mengembangkan Restoratif Justice. Apabila berminat kita bisa sharing juga. Semoga sukses.

      Wassalam

      Hari


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: